Blog Ini Saya Buat Dalam 5 Menit

Sedikit berbagi pengalaman saat membuat blog ini. Waktu yang diperlukan terbilang sangat cepat. Dalam waktu 5 menit, blog ini dapat mengudara untuk pertama kalinya.

Membuat blog tidak sulit. Ya, apabila yang Anda maksud adalah mendaftar WordPress.com atau Blogger.com, dari dulu memang semudah itu.

Tapi di sini yang saya maksud adalah membuat blog dengan WordPress yang dihos secara mandiri.

Dulu, ini cukup sulit dilakukan. Mungkin pemula bisa menghabiskan seharian saat pertama kali membuat blog berbasis WordPress yang dihos secara mandiri.

Setidaknya itu yang saya alami saat mencobanya waktu duduk di kelas 2 SMP bermodalkan hosting dan domain gratisan. Saya harus membaca beberapa tutorial untuk dapat memahami tahapan demi tahapan dan mempraktikannya dengan baik.

Kini membuat blog WordPress yang dihos mandiri semakin mudah dan cepat. Dibandingkan dengan dulu, banyak proses yang dipangkas sehingga pemula pun dapat mudah dan cepat mengikuti.

Bukan WordPress.com

WordPress pada dasarnya adalah perangkat lunak pembuat situs web yang tersedia secara gratis.

Siapa saja dapat menggunakan WordPress sesuka hati. Hanya saja, untuk menjalankannya kita memerlukan hosting dan domain.

WordPress.com adalah layanan hosting dan domain yang dikelola oleh penemu WordPress, Matt Mullenweg, khusus untuk perangkat lunak WordPress.

Pada layanan gratis WordPress.com, Anda mendapatkan hosting dengan kapasitas penyimpanan 1 GB dan domain anda.wordpress.com.

Hosting Dalam Negeri

Bagi beberapa orang, keleluasaan di WordPress.com kurang. Di saat yang bersamaan, harga paket berbayar WordPress.com cenderung mahal.

Untuk menyiasati hal tersebut, blog ini saya buat dengan hosting di IDCloudHost. Di sana terdapat layanan WordPress hosting instan dengan harga yang amat terjangkau.

Paket WordPress hosting termurah dapat dibeli seharga Rp5 ribu per bulan dengan kapasitas penyimpan sebesar 1 GB. Saya sendiri menggunakan paket termurah untuk blog ini. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Produk WordPress instan dari IDCouldHost.

Anda tidak wajib membeli domain. IDCloudHost menyediakan subdomain gratis anda.hack.id yang dapat Anda pilih. Meskipun demikian, saya sarankan untuk tetap membeli domain. Anda dapat membeli domain anda.my.id seharga Rp15 ribu per tahun.

Daftar harga WordPress hosting instan dari IDCloudHost.

Cara pesannya sangat mudah. Cukup pilih paket yang Anda inginkan, pilih nama domain, mengisi data diri, lalu bayar. Setelah itu blog siap Anda gunakan.

Agar lebih jelas, Anda dapat menonton video berikut.

Di pos berikutnya, saya akan membagikan kepada Anda mengenai layanan penyimpanan dari IDCloudHost yang dapat diintegrasikan dengan WordPress hosting Anda.

Dengan integrasi layanan penyimpanan tersebut, Anda tidak perlu risau terhadap kapasitas hosting yang cepat penuh apabila Anda berencana mengunggah banyak berkas media di blog Anda.

Ini akan cukup menarik karena layanan penyimpanan tersebut juga sangat terjangkau, hanya seribu Rupiah per 1 GB per bulan.

Sembari menunggu, Anda dapat membuat blog terlebih dahulu. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tertarik dengan buletin?

Langganan buletin melalui surel. Saya hanya akan mengirim sesekali.
Anda dapat berhenti langganan kapan pun.