Polusi Blog Ini

Kata Einstein, energi tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan. Ia hanya berubah dari suatu bentuk energi ke suatu bentuk energi lainnya.

Saya pun sampai saat ini yakin bahwasannya tidak ada teknologi ciptaan manusia yang 100% ramah lingkungan. Pasti ada saja dampak negatif yang ditimbulkan, sekecil apapun itu.

Menurut saya, manusia pada dasarnya tidak dapat benar-benar menciptakan dari 100% ketiadaan, melainkan merangkai apa yang ada, menjadi sesuatu yang baru.

Alhasil pasti ada saja hal yang dikorbankan. Ada saja elemen dari lingkungan yang diambil.

Maka dari itu, teknologi ramah lingkungan menurut saya adalah teknologi yang menghasilkan relatif lebih sedikit dampak negatif kepada lingkungan, bukan nol polusi.

Bahkan saat Anda membaca tulisan ini, Anda turut menyumbang polusi.

Iya, betul. Blog ini bertempat di suatu komputer yang kita sebut server. Ia membutuhkan listrik untuk bekerja sehingga dapat mentransfer data ke perangkat Anda.

Seseorang telah bekerja untuk menciptakan sebuah alat pengukur emisi karbon yang dihasilkan oleh suatu situs web. Ia mengumpulkan data penggunaan listrik server tiap satuan transfer data internet dari berbagai tempat. Ia menghitung berapa banyak emisi karbon yang dihasilkan dari produksi listrik tersebut.

Berbagai data tersebut kemudian diolah dan ditambahkan parameter halaman suatu situs web yang ingin diketahui emisi karbonnya.

Tentu perhitungan ini sangat kasar karena digunakan data rata-rata yang mungkin bisa signifikan berbeda pada suatu kasus. Tapi setidaknya, ia dapat sedikit memotivasi kita para pemilik situs web untuk meminimalisasi emisi karbon situs web masing-masing. ๐Ÿ‘Œ

Berikut hasil perhitungan emisi karbon yang dihasilkan blog ini berdasarkan Website Carbon Calculator.

Punya Anda berapa?

Hasil pengukuran di atas adalah estimasi untuk satu tahun dengan 10.000 tayangan blog ini perbulannya. Itu hanya gambaran.

Tentu blog ini tidak sampai mencetak angka setinggi itu. Mungkin sepersepuluhnya saja. Itupun sudah digabung dengan aktivitas saya mengakses blog ini sebagai pemilik.

Yah, tentu angka yang cukup bagus. ๐Ÿ˜Ž

Tapi sebenarnya…

Sebenarnya saya agak ragu dengan hal-hal semacam ini. Alat-alat yang mengatakan dirinya ramah lingkungan. Atau alat-alat yang mengajak untuk ramah lingkungan.

Mengapa? Karena biasanya mereka juga akan merekomendasikan produk yang mereka labeli ramah atau peduli lingkungan. Jadi, alat-alat semacam ini adalah alat untuk market engagement bagi mereka. Tidak murni kampanye netral tanpa maksud lain.

Ah, tapi itu sangat manusiawi. Selama mereka valid dan berkontribusi nyata bagi lingkungan, maka perlu kita saingi!

Bersaing dalam hal kepedulian lingkungan, tentu saja! ๐Ÿ˜„