Latihan ‘Kerja’

Salim Romadhon
Suasana saat ulang tahun ke-5 SoftwareSeni.

Terhitung sejak 7 Januari 2019, saya resmi menjadi bagian dari SoftwareSeni. Sebuah perusahaan yang melayani pembuatan aplikasi berbasis web dan mobile. Sebelumnya saya sudah magang di sini selama tiga bulan dengan niat yang sebenarnya tidak untuk benar-benar magang, melainkan untuk mengerjakan tugas akhir perkuliahan.

Mulai angkatan saya, pelaksanaan tugas akhir diubah konsepnya. Kalau dulu mungkin mirip-mirip dengan skripsi dengan alur yang kurang lebih: mencari permasalahan di berbagai lini kehidupan yang terkait dengan perkuliahan, melakukan penelitian, kemudian membuat solusinya.

Kini pelaksanaan tugas akhir menjadi lebih sederhana. Kampus memanfaatkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ada untuk menyalurkan pelaksanaan salah satu syarat lulus kuliah ini. Tugas akhir kini berarti menyelesaikan tugas apapun yang diberikan perusahaan. Jadi mahasiswa tak perlu direpotkan dengan mencari masalah. Meskipun tak ingin mencari masalah, jelas pasti dapat masalah. Apa lagi kalau masalahnya tidak biasa dengan yang bersangkutan hadapi. Dobel. Haha.

Alhamdulillah, masalah yang saya dapatkan, maksud saya proyek yang saya dapatkan, yakni dari SoftwareSeni masih bisa saya hadapi dengan cukup baik. Bahkan mungkin dianggap baik, karena alhamdulillah, sekali lagi, saya ditawari untuk tes sebagai pegawai kontrak selama satu tahun. Dan saya lolos.

SoftwareSeni ini usianya masih muda. Lima tahun, berdiri sesaat setelah saya lulus SMP. Didirikan oleh dua orang Australia dan satu orang Indonesia. Kebanyakan kliennya dari luar negeri, khususnya Australia, dan terus bertumbuh untuk pasar dalam negeri.

Suasana kerja di sini santai dan cukup fleksibel. Khas perusahaan kekinian, setidaknya di Indonesia. Mungkin kalau di luar negeri, bisa lebih santai dan fleksibel lagi. Meskipun full day working, memakai kaos dan bersandal jepit saat ke kantor adalah hal yang sangat wajar. Makanan ringan tersedia setiap hari, pelatihan bahasa Inggris gratis, tiket bioskop gratis tiap bulan, gaming room, dan tentu rekan kerja yang menyenangkan.

Saya menikmati apa yang saya dapat saat ini. Terpenting, saya tidak perlu meninggalkan Jogja untuk bekerja. Semoga ke depan berkembang lebih baik lagi. Aamiin.

⚑ Tanggapan